Home » » Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen: Rp 2,5 Triliun vs Rp 4,9 Triliun

Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen: Rp 2,5 Triliun vs Rp 4,9 Triliun

Written By Unknown on Sabtu, 25 Mei 2013 | 6:42 PM

Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen: Rp 2,5 Triliun vs Rp 4,9 Triliun

Borussia Dortmund vs Bayern Muenchen: Rp 2,5 Triliun vs Rp 4, 9 Triliun | Info Bola - Uang memang bukan segalanya dalam sepakbola. Tapi tak bisa dipungkiri kekuatan uang punya pengaruh besar dalam sepakbola modern. Uang berlimpah yang dimiliki klub bisa membuat sebuah tim jadi kuat dengan pembelian para pemain bintang dan pelatih hebat berharga mahal.

Perbedaan kekuatan uang ini pun terlihat dari dua dua finalis Liga Champions musim ini, Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen, yang akan bentrok di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5) dinihari. Hasilnya sangat jomplang!. Berdasarkan data yang dirilis inti dan cadangan Dortmund hanya separuh dari nilai keseluruhan skuad inti dan cadangan yang dimiliki Muenchen.

Nilai total 18 pemain Dortmund yang diprediksi akan tampil di final nanti hanya berkisar kurang lebih Rp 2,5 triliun. Bandingkan dengan Muenchen yang nilai total pemainnya mencapai angka Rp 4,9 triliun.  Perbedan ini tentunya tak lepas dari nama-nama pemain yang ada dalam skuad kedua kesebelasan. Dortmund hanya mengandalkan beberapa pemain kelas kedua, sedang Muenchen didominasi pemain bintang.

Pemain dengan harga tertinggi Dortmund adalah Mario Goetze dengan 42 juta Euro. Namun Goetze tidak bisa tampil di final karena cedera hamstring. Dengan demikian pemain yang bernilai mahal hanya Marco Reus yang nilainya mencapai Rp 380 miliar. Bahkan penyerang andalan mereka Robert Lewandowski harga marketnya lebih murah sekitar Rp 354 miliar.

Bandingkan dengan Muenchen. Mereka memiliki pemain berharga mahal. Franck Ribery misalnya. Pemain asal Perancis ini mencapai angka Rp 570 miliar.  Ini belum lagi ditambah dengan beberapa pemain mahal lainnya seperti Thomas Mueller, Mario Gomez, Arjen Robben, dan nama-nama beken lainnya yang mungkin harga satu pemain Muenchen bisa untuk membeli dua atau bahkan tiga pemain Dortmund.

Jauhnya perbedaan harga pemain kedua klub tak lepas dari kebijakan kedua klub. Dortmund telah lama menerapkan tradisi mengorbit pemain binaan jadi pemain bintang. Kebalikannya Muenchen lebih hobi membeli pemain bintang yang sudah jadi. Karena itulah mereka dijuluki FC Hollywood. [ABK]




Share this article :
ads
ads
 
Copyright © 2013. Berita Bola - Informasi Terkini - Prediksi Skor Bola Terkini - All Rights Reserved.
Template Redesign by Hendrikson FBI Published by Kaumseni Backlink