Home » » Tak Mudah Menyatukan ISL dan IPL

Tak Mudah Menyatukan ISL dan IPL

Written By Unknown on Senin, 04 Maret 2013 | 6:31 PM

Tak Mudah Menyatukan ISL dan IPL

Tak Mudah Menyatukan ISL dan IPL | Info Bola - Memang tak mudah untuk menyatukan dualisme pendapat yang bersimpangan. Namun bukan juga menjadi hal yang tak mungkin dilakukan jika punya makna yang bermanfaat demi kemajuan sepakbola tanah air. Inilah yang sedang diusahakan oleh pihak PSSI dimana perpaduan antara dua Liga yang berbeda di Indonesia membutuhkan tak sedikit waktu dan juga persetujuan dari kedua belah pihak.

Dibutuhkan kesamaan pemahaman atau persetujuan dari dua pengelola liga terkait konsep penggabungan liga. Sejauh ini, terdapat perbedaan persepsi antara kedua pengelola, yaitu antara lain soal proses transisi atau fase yang diistilahkan kualifikasi, format liga baru serta penentuan klub-klub peserta, waktu kick-off liga baru, dan hal-hal lainnya.

Tahun 2013 diproyeksikan sebagai fase kualifikasi. Liga yang dikelola PT Liga Indonesia (LI) dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) bisa berjalan bersamaan. Fase itu sebagai transisi persiapan penyatuan liga. “Bagi kami di ISL, ada tiga isu krusial,” kata Joko. Ia memerinci tiga isu itu, yakni piramida kompetisi, klub-klub yang mengisi strata-strata dalam piramida kompetisi tersebut, dan soal pengelola kompetisi.

“Banyak hal yang harus dipikirkan dan itu tentu tak mudah, di antaranya sistem promosi dan degradasi. Jadi, harus berhati-hati dan jangan hanya melakukan pendekatan pragmatis saja,” ujar Jokdri.

Dalam proses kualifikasi nanti, klub yang berhak masuk "liga gabungan" nanti harus benar-benar dicermati secara detail. "Misalkan dilihat sejarah klub tersebut. Kalau klub tersebut biasa masuk lima besar maka berhak menjadi nominator klub yang mengisi liga gabungan," jelasnya.

Source : Judi Online dengan bonus deposit


Share this article :
ads
ads
 
Copyright © 2013. Berita Bola - Informasi Terkini - Prediksi Skor Bola Terkini - All Rights Reserved.
Template Redesign by Hendrikson FBI Published by Kaumseni Backlink