Home » » Sepakbola Indonesia Hasilkan 1.5 Triliun Rupiah

Sepakbola Indonesia Hasilkan 1.5 Triliun Rupiah

Written By Unknown on Senin, 28 Januari 2013 | 5:43 PM

Sepakbola Indonesia Hasilkan 1.5 Triliun Rupiah

Sepakbola Indonesia Hasilkan 1.5 Triliun Rupiah | Info Bola - Mengingat besarnya jumlah pasar peminat sepakbola di Indonesia, tidak heran jika setiap musim sekitar Rp 1 triliun - Rp 1,5 triliun uang berputar dalam kompetisi sepak bola di tanah air. CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, menyebut potensi besar itu diperkirakan dari pengalamannya selama mengurusi kompetisi Indonesia Super League (ISL). "Uang yang berputar cukup besar. Kalau disimulasikan, bisa mencapai Rp 1 triliun sampai 1,5 triliun setiap tahunnya," ungkap Joko.
    
Perputaran itu diperkirakan dari besarnya dana tiap klub. Untuk ISL saja, tiap klub rata-rata menghabiskan Rp 20-30 miliar semusim, bahkan ada yang lebih. Itu sudah sekitar Rp 500 milar sendiri , belum termasuk klub-klub Divisi Utama.

Dana memutar kompetisi, sekitar Rp 150 miliar semusim. Kemudian dana lain menyangkut sponsor, televisi, iklan, merchandise dll, bisa mencapai Rp 500 milar lebih semusim."Belum perputaran uang dari suporter, serta berbagai pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan kompetisi dalam satu musim," tuturnya.
   
Hal itu juga diamini oleh CEO PT LPIS Widjajanto. Dia menyebut ditambah nilai dari penyelenggaraan IPL dan perputaran uang dari klub-klub, bisa jadi potensi uang menjadi lebih besar. Bisa melebihi nilai yang diasumsikan.

"Bicara potensi merujuk ke penonton. Jika semusim bisa 1 juta penonton, pemirsa TV per minggu bisa lebih dari 50 juta, bisa dibayangkan besarnya," ujar Widja.
   
Meski demikian, Joko menyebut jumlah itu belum bisa memasukkan sepak bola Indonesia sebagai industri. Meski animo suporter dinilai melebihi klub-klub Jepang, Korsel, ataupun Tiongkok. Apa yang didapat oleh klub belum setara dengan yang didapat klub-klub tersebut.

Kategori : Info Bola


Share this article :
ads
ads
 
Copyright © 2013. Berita Bola - Informasi Terkini - Prediksi Skor Bola Terkini - All Rights Reserved.
Template Redesign by Hendrikson FBI Published by Kaumseni Backlink